Rabu, 08 Juni 2016

Sepuluh Tanda Gagal Menjalani Puasa Ramadhan

SEPULUH TANDA GAGAL MENJALANI PUASA RAMADHAN

Ada 10 tanda kegagalan kita dalam menjalani Ramadhan yang akan menjadi tolak ukur berhasil atau gagalnya kita menjalani ibadah di Bulan Ramadhan. 10 tanda itu adalah :

Pertama : Kurang optimal dalam melakukan pemanasan dengan melakukan ibadah-ibadah sunnah di Bulan Rajab dan Sya’ban.Misalnya tidak tumbuh keinginan melatih bangun malam dengan shalat tahajjud. Begitupun tidak melakukan puasa sunnah Syaban, sebagaimana telah disunnahkan Rasulullah Shallallaahu alaihi wa sallam. Dalam hadits Bukhari dan Muslim, dari Aisyah Radhiallaahu anha berkata, “Saya tidak pernah melihat Rasulullah berpuasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan, dan saya tidak pernah melihat beliau banyak berpuasa selain di bulan Syaban.”

Kedua : Ketika target membaca Al-Qur’an satu kali khatam pada Bulan Ramadhan tidak tercapai.Sudah semestinya umat Islam membaca Al-Qur’an minimal khatam satu kali dalam Bulan Ramadhan.

Ketiga : Ketika puasa yang dilakukan tidak mampu menghalangi lisan membicarakan keburukan orang lain, mengeluarkan kata-kata kasar, membuka rahasia, mengadu domba, menebar fitnah, berdusta, berkata yang tidak berguna dan keburukan lisan lain.Kalau saya di Malang, rasanya orang-orang awam itu seolah-olah tidak merasa dosa ketika mengatakan kata-kata jorok seperti J*N**K, dsb…

Keempat : Ketika puasa tidak bisa menghalangi kemaksiatan mata dengan segala hal yang dilarang untuk melihatnya.Meski puasa tapi ketika ada cewek cantik lewat, tetap saja dipelototin. Main facebook juga yang diliatin profil-profil cewek yang terlihat auratnya.

Kelima : Ketika malam-malam Bulan Ramadhan sama seperti malam-malam di luar Ramadhan.Pada malam Bulan Ramadhan kita dianjurkan melakukan shalat malam (tarawih), membaca Al-Qur’an, dan ibadah yang lain. Tetapi kenyataan, ketika lewat 1-2 minggu ramadhan, banyak sekali kafe yang dipenuhi oleh manusia, terutama kaum muda, tidak ada bedanya suasana ramadhan dan selain ramadhan.

Keenam : Jika saat berbuka menjadi saat melahap semua keinginan nafsunya yang tertahan sejak pagi hingga petang.Jadi berbuka seolah jadi ajang balas dendam, semua sajian tidak ada yang luput dari lidahnya. Sampai perutnya penuh dengan makanan. Padahal Rasulullah ﷺ menyarankan ketika kita makan tidak boleh berlebihan, perut seharusnya memiliki porsi 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk air, dan seisanya untuk nafas.

Ketika Bulan Ramadhan tidak dioptimalkan untuk banyak mengeluarkan infaq dan shodaqoh.Masih aja itung-itung seribu kali ketika inginn berinfak.. pahal sudah tahu ketika ramadhan pahala amalan dilipatgandakan oleh Allah سبحانه و تعل

Ketika menjelang berakhirnya Ramadhan, lebih sibuk dengan persiapan fisik menjelang Idul Fitri dan melalaikan keutamaan 10 hari terakhir Bulan Ramadhan, serta memaksimalkan 10 malam terakhir untuk menggapai lailatul qadar.Kalau para pekerja luar kota sibuk mau mudik, kalau ibu-ibu sibuk buat makanan lebaran, kalau anak-anak muda sibuk mencari pakaian baru untuk lebaran di mall-mall. dsb…

Ketika Idul Fitri tiba, dirayakan sebagaimana orang yang baru merdeka, baru keluar dari penjara dan kembali melakukan berbagai penyimpangan.Makanya kalau orang lebaran full dengan hura-hura maka itu satu tanda gagal ramadhan. Lihatlah contoh Nabi ﷺ dan para sahabat رضي الله عنهم, mereka bersedih dan menangis ketika ditinggalkan oleh bulan Ramadhan.

Ketika selepas Ramadhan, amalan Ramadhan tidak ditindaklanjuti, tidak diamalkan sebagaimana mereka mengamalkan pada Bulan Ramadhan.Tilawah, sholat malam, puasa sunnah, bersedekah, pengajian… Semua ditinggalkan seiring berlalunya Ramadhan tanpa bekas sedikitpun.Semoga ini semua bisa mengingatkan kita semua, dan semoga sisa hari-hari di bulan ramadhan ini bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan amal ibadah kita, dan justru tidak semakin menurun. Aamiin.

1 komentar:

  1. [nba highlights] video nba highlights
    my bet is the last two months of the 2020 season. youtube, NBA and NBA predictions. YouTube; My bet is the download youtube videos to mp3 last 2 months of the 2020 season.

    BalasHapus